MARKETING
MANAGEMENT
Lecturer
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc. (www.ujansumarwan.blog.mb.ipb.ac.id, www.sumarwan.staff.ipb.ac.id, sumarwan@mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Hartoyo, M.Sc.
Dr. Ir. Mukhammad Najib, M.M.
Lecturer
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc. (www.ujansumarwan.blog.mb.ipb.ac.id, www.sumarwan.staff.ipb.ac.id, sumarwan@mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Hartoyo, M.Sc.
Dr. Ir. Mukhammad Najib, M.M.
Pertemuan pertama mata
kuliah Marketing Management (Manajemen Pemasaran) dengan dosen Bp. Ujang
Sarmawan adalah membahas mengenai Menyusun Rencana Pemasaran. Pada pertemuan
tersebut dibahas mengenai
1. Apa
itu strategic focus and plan
perusahaan
2. Aapa
itu visi dan misi serta perbedaannya.
3. Penjelasan
mengenai struktur organisasi perusahaan dan pengembangannya.
4. scope of marketing.
5. core competency and sustainable
competitive advantage.
6. Penjelasan
terkait dengan situation analysis,
dimana terbagi ke dalam 4 bagian yaitu
a. SWOT
Analysis (Strenghten, Weakness, Oppurtunity, dan Threats),
analisa kekuatan, kelemahan peluang, dan ancaman untuk perusahan baik dari sisi
internal dan eksternal.
b.
Industry
Analysis, penjelasan menganai perkembangan dan pertumbuhan
industry mana kita bergerak.
c.
Identifying
Competitor, Analisa mengenai kekuatan dan kelemahan pesaing
terutama dalam produk yang akan dihasilkan dan target pasar yang akan disasar
oleh pesaing.
d.
Customer
Analysis, analisa mengenai karakteristik dari pelanggan perusahaan
dan calon pelanggan potensial perusahaan.
Dalam pertemuan
tersebut dibahas mengenai strategic focus
dan plan perusahaan. Intinya adalah perusahaan didirikan untuk mencapai
target bisnis yang akan dicapai dengan membuat dahulu strategi pemasarannya. Setelah
mengetahui sasaran dan target bisnisnya seperti apa, kemudian membuat strategi
produknya apa dan bagaimana cara memasarkannya, terakhir adalah merumuskan visi
dan misi perusahaan. Visi adalah sesuatu yang diimpikan, sedangkan misi adalah
cara atau langkah untuk merealisasikan impian tersebut. Ini adalah langkah – langkah bersifat
perencanaan strategis yang dilakukan diawaldalam membangun sebuah perusahaan.
Setelah langkah –
langkah perencanaan strategis perusahaaan dibuat, maka membuat struktur organisasi
perusahaan yang diisi oleh sumber daya manusia yang akan menjalankan strategi
perencanaan perusahaan tersebut sesuai dengan kompetensi masing – masing. Top
management biasanya yang akan menempakan nama – nama yang menduduki jabatan di
dalam sebuah struktur organisasi perusahaan. Kemudian menentukan scope of marketing yang menjelaskan
jenis produk atau jasa yang dipasarkan, sasaran target marketnya, dan nama merk
dagang (branding) dari produk dan
jasa yang akan dihasilkan. Core
competency dan sustainable
competitive advantage juga merupakan bagian penting dari sebuah perusahaan.
Core competency adalah penggambaran
mengenai keahlian dan skill yang dimiliki perusahaan, sehingga perusahaan dapat
tumbuh dan eksis di dalam persaingan pasar. Kemudian sustainable competitive advantage yang menggambarkan kelebihan dan
kekuatan perusahaan dibandingkan dengan pesaing – pesaing nya
Terakhir
adalah pembahasan mengenai strategic
formulation, ini adalah bagian dari penggambaran mengenai strategi yang
dipakai untuk memasarkan produk yang akan dijual, strateginya dalah sbb :
a.
Overall
cost leadership, kemampuan menekan biaya produksi
serendah – rendahnya.
b.
Differentiation,
fitur – fitur produk yang dijual berbeda dengan perusahaan pesaing dan dapat
menjadi keunggulan.
c.
Focus,
Fokus perusahaan kepada pelanggan, produk, dan sasaran pasar tertentu
d.
Product
& Service Alliance, lisensi yang diberikan dari
perusahaan kepada perusahaan lain untuk memproduksi produk – produknya.
e.
Promotional
Alliance, lisensi yang diberikan dari perusahaan kepada
perusahaan lain untuk memasarkan produk – produknya.
f.
Logistic
Alliance, lisensi yang diberikan dari perusahaan kepada
perusahaan lain untuk mendistribusikan produk – produknya.
g.
Pricing
Collaboration¸ kerjasama perusahaan dengan perusahaan
lain untuk memasarkan produk dengan menetapkan harga tunggal.
Itu adalah hal – hal
yang dibahas pada pertemuan pertama, kesimpulannya adalah kita sebagai
mahasiswa diberikan teori pengetahuan bagaimana menyusun rencana perencanaan
sebuah perusahaan yang baik sehingga menghasilkan keuntungan bisnis yang baik
pula.
Text Book
Ujang
Sumarwan (editor). 2015. Pemasaran Strategic: Perspektif Perlilaku Konsumen dan
Marketing Plan. IPB Press.
Silahkan download e-book:
2015 01 BUKU Pemasaran Strategik Perspektif Perilaku Konsumen dan Marketing Plan
2015 01 BUKU Pemasaran Strategik Perspektif Perilaku Konsumen dan Marketing Plan
Sumarwan Ujang; Agus Djunaedi; Aviliani;
H.C Royke; Jusuf Agus Sayono; Rico R Budidarmo; Sofyan Rambe. (Strategic
Marketing: Strategy for Corporate Growth and Share Holder Value).-Pemasaran
Strategik: Strategi Untuk Pertumbuhan Perusahaan dalam Penciptaan Nilai bagi
Pemegang Saham . Published byInti Prima, Februari 2009, ISBN
979-450-451-3 Please dowload link below for book preview:
Silahkan download e-book:
Sumarwan, U., Achmad Fachrodji.,
Adman Nursal., Arissetyanto Nugroho., Erry Ricardo Nurzal., Ign Anung Setiadi.,
Suharyono., Zeffry Alamsyah. 1st Printing. 2011. Marketing
Strategic: Value Based Marketing and Marketing Metrics. Pemasaran Strategik:
Persfektif Value-Based Marketing dan Pengukuran Kinerja. Bogor, IPB Press.
Silahkan download e-book:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar